Ahmad Hamdani Juara III PCTA tingkat Pusat tahun 2014

/
0 Comments

JAKARTA- Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro dalam penutupan kegaiatn Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2014, Kamis 25 September, di Kantor Kementrian Pertahanan menegaskan agar program PCTA tetap dilanjutkan kedepannya karena program ini mensosialisasikan cinta tanah air kepada mahasiswa dan pelajar dengan dukungan dari Kemenhan. Kodam, Kodim dan pemerintah daerah setempat.” Ini sangat baik sekali karena generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa yang tentunya selain harus mendalami masalah ilmu pengetahuan dan teknologi, tentunya harus memiliki rasa nasionalisme dan itulah tujuan dari dilaksanakannya program PCTA,”ungkapnya.


Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro dalam sambutannya mengungkapkan bahwa PCTA yang mengambil tema ” Cinta Tanah Air Untuk Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) “, sesuai dengan temanya sebagai Menteri Pertahanan ada beberapa pesan dan harapan kepada para generasi muda.Tiga pesan dan harapan tersebut yakni pertama agar sebagai generasi muda teruslah bangun budaya unggul, the cultural of excellence. Rajin mengembangkan diri, adaptif, inovatif dan kreatif, pantang menyerah, singkatnya do the best. Belajar jangan hanya sekedar melaksanakan tugas, namun raihlah prestasi setinggi-tingginya, bercita-citalah, kembangkan idealisme untuk menjadi putra-putri bangsa terbaik, jangan mudah menyerah dan permisif menghadapi tantangan, ujian dan cobaan. Pesan kedua terus kobarkan rasa cinta tanah air, cinta bangsa dan negara serta harus terpatri dalam sanubari.  Ketiga, jadilah bagian untuk membangun peradaban yang mulia (Devine Civilization). Peradaban bangsa Indonesia harus semakin mulia yang tercermin melalui karakter, mentalitas, akhlak, budi pekerta bangsa. Peradaban yang mulia adalah peradaban yang anti kekerasan, cinta perdamaian, menyelesaikan masalah dengan mufakat. Olehnya itu, Purnomo mengajak generasi muda untuk membangun dalam hati dan pikiran untuk berkarakter baik, nilai yang baik, prilaku baik dan budi pekerti baik sehingga dapat mencerminkan peradaban mulia bangsa.


Ditambahkannya bahwa PCTA yang dilaksanakan sejak tahun 2012 hingga saat ini, telah mencetak kurang lebih 9.600 ikatan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Output dari penyelenggaraan program PCTA adalah menumbuhkan rasa nasionalisme dan terwujudnya rasa cinta tanah air yang tinggi. Secara terpisah Koordinator Umum PCTA tahun 2014 Kolonel Inf Untung Purwadi menuturkan bahwa 167 peserta mengikuti kegiatan selama empat hari dari tanggal 22-25 September yang dipusatkan dikawasan Indonesia Peace Security Center (IPSC) Sentul, Bogor.

Berikut hasil lomba PCTA 2014:
1. Lomba Diskus, dari 4 perwakilan daerah yang masuk babak final yakni DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sumatera Utara dan Papua Barat, sebagai juara pertama diraih SMA Immanuel Pontianak Kalimantan Barat, juara kedua SMAN 2 Lubuk Pakam Deli Serdang Sumatera Utara dan juara ketiga SMAN 35 Jakarta.

2. Lomba Menulis Artikel, dari 25 artikel yang merupakan perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia, keluar sebagai juara pertama Galih Lutfi Maulana dari Universitas Indonesia DKI Jakarta, juara kedua Adi Saputra dari Universitas IAIN Sultan Thaha Saifudin Jambi dan juara ketiga Ahmad Hamdani dari  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten.

Selain itu, ada penghargaan untuk peserta tim favorit, dimana tauhn ini diraih SMAN 3 Sorong Papua Barat, peserta tim kreatif diraih SMA Santo Yosef Pangkal Pinang Bangka Belitung, peserta tim disiplin diraih SMA Taruna Nusantara Jawa Tengah dan peserta tim kompak dari SMAN 1 Takengon Aceh Tengah.

Hadiah untuk para pemenang adalah mendapatkan dana pembinaan dari Rp 15 juta hingga Rp 5 juta sesuai kategori juara yang diraihnya.



You may also like

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.